• Selama tiga kali pasaran terakhir, harga penjualan sapi di Pasar Hewan Sunggingan, Boyolali mengalami penurunan Rp 500.000 – Rp1 juta tiap ekor.
  • Revitalisasi Umbul Tirtomulyo di Dusun Umbul, Kemasan, Sawit, Boyolali, tahap pertama sudah berjalan 60%.
  • Sebanyak 10 orang siswa dari OSIS SMK Ganesha Tama dan SMK Muhammadiyah 4 mengadakan kerja bakti membersihkan coretan di dinding bagian depan Taman Sono Kridanggo dan BPD Boyolali.
  • Menghadapi musim penghujan yang intensitasnya mulai tinggi, BPBD Boyolali melakukan pemetaan daerah rawan bencana alam.

Minggu, 09 Desember 2012

Mentho Kacang Tholo, Gurih dan Renyah, Obat Ngantuk

Mbah Sayem (70), seorang pedagang mentho di Pasar Kota.
Pernah mencoba makanan khas Boyolali? Selain paru sapi, usus ayam,dendeng, marning jagung, makanan mentho ternyata juga tidak kalah terkenalnya. Bahkan makanan ini sudah masuk di hati masyarakat Boyolali.
Meski banyak dijual di toko-toko, snack, ini juga banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Salah satunya Pasar Boyolali Kota. Namun, hanya beberapa yang menjualnya. Salah satunya Mbah Sayem (70) warga Pulisen,Boyolali Kota.
Pada usianya yang telah usur itu, Mbah Sayem tetap semangat membuat dan menjual mentho. Mbah Sayem mengaku sudah sejak berusia 15 tahun berjualan mentho. Dari seharga Rp 5 hingga Rp 500.

“Ini kan turun temurun, tidak pernah ganti jualan, karena sudah banyak langganan, untungnya memang tidak banyak,tapi saya senang jualan mentho,” ungkapnya.
Mentho yang dijual sengaja dibuat sendiri. Ada dua jenis mentho yang dijualnya, mentho kacang tholo dan kacang tanah. Bahan membuat makanan ini menurut Mbah Sayem terdiri dari tepung beras, santan, dan rempah-rempah yang dicampur jadi satu.
“Yang paling banyak dicari mentho kacang tholo, orang Jakarta kalau pas liburan atau lebaran pasti nyari saya, semua diborong,” cerita Mbah Sayem sambil tersenyum bangga.
Nah, Anda ingin mencoba mentho kacang tholo atau kacang tanah bikinan Mbah Sayem, silakan datang ke pintu masuk Pasar Boyolali Kota sisi timur, wajah tuanya akan menyambut dengan senyum ramah, serenyah mentho buatannya.

Sumber: timlo.net


Artikel Terkait