• Selama tiga kali pasaran terakhir, harga penjualan sapi di Pasar Hewan Sunggingan, Boyolali mengalami penurunan Rp 500.000 – Rp1 juta tiap ekor.
  • Revitalisasi Umbul Tirtomulyo di Dusun Umbul, Kemasan, Sawit, Boyolali, tahap pertama sudah berjalan 60%.
  • Sebanyak 10 orang siswa dari OSIS SMK Ganesha Tama dan SMK Muhammadiyah 4 mengadakan kerja bakti membersihkan coretan di dinding bagian depan Taman Sono Kridanggo dan BPD Boyolali.
  • Menghadapi musim penghujan yang intensitasnya mulai tinggi, BPBD Boyolali melakukan pemetaan daerah rawan bencana alam.

Senin, 16 April 2012

Jembatan Miliaran Rupiah, Umurnya Cuma 4 Tahun

Tahukah Anda, lima jembatan gantung yang dibangun dengan dana miliaran rupiah di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Selo, Boyolali ternyata umur penggunaannya secara teknis hanya untuk empat tahun. Untuk itu, pihak pengelola mengajak masyarakat untuk merawat dan memelihanrnya.

Masyarakat di lereng Merapi diharapkan ikut memelihara keberlangsungan jembatan gantung. Meski jembatan tersebut dibangun dengan anggaran dari pusat, tapi keberadaanya sangat menguntungkan bagi warga lereng merapi.

Kepala Operasi PT Amarta Karya, selaku pelaksana pembangunan jembatan, Yusanto, mengakui hal tersebut. Namun dijelaskan juga, bila jembatan dirawat dan dipelihara dengan baik maka bukan tidk mungkin umur bisa berlangsung lama.”Kita contohkan jembatan gantung di Aceh yang dibangun antara tahun 90an, karena dirawat dengan baik, hingga kini jembatan tersebut masih berfungsi dengan baik,” tandasnya, Senin (16/4).



Setelah difungsikan, nantinya tidak semua mobil bisa melintasi jembatan gantung yang memiliki lebar 2,85 meter. Mobil yang melintas akan dibatasi dengan beban maksimal 3 ton. Lebih dari itu harus melintas di bawah jembatan. Selain itu, semua jenis truk juga dilarang melintasi jembatan.

Lima jembatan gantung di wilayah lereng Merapi, Selo meliputi jembatan gantung Sepi panjang 96 m tinggi 75 meter, jembatan gantung Ladon panjang 75 meter tinggi 40 meter, jembatan gantung Windu panjang 120 meter tinggi 60 meter, jembatan gantung kajor Panjang 90 meter tinggi 50 meter dan jembatan gantung Takeran panjang 36 meter dan tinggi 55 meter.






Artikel Terkait